Pengalaman Terbang Liburan ke Malaysia

#Bubuhansamarinda.com, Pengalaman Terbang Liburan ke Malaysia – Sesuai dengan judulnya kali ini saya akan men-share pengalaman jalan-jalan dari BALIKPAPAN ke Malaysia yang belum pernah saya ketahui sebelumnya.

Berawal dari aplikasi Traveloka, saya dan teman teman berencana liburan ke Malaysia dengan mencari tiket pesawat murah. Dan bener sekali, dari Balikpapan ke Malaysia ada tiket pesawat yang paling murah yaitu 900 ribuan. Pesawat ini tidak langsung dari Balikpapan ke Malaysia. Akan tetapi transit dulu Balikpapan -Jakarta lalu Jakarta Malaysia. Transit ini lumayan memakan waktu lama kira kira 2 hingga 4 jam.

Memang hanya beberapa kota saja yang melayani penerbangan secara langsung ke Malaysia seperti Kota Surabaya, Batam dan Jakarta. Jika anda berdomisili yang dekat dari kota itu, saya ucapkan selamat karena anda sudah berada di posisi yang pas untuk mendapatkan tiket pesawat murah kemanapun tujuan anda termasuk ke Malaysia.

Pesawat dari balikpapan ke Jakarta jam 10 pagi, sampai di jakarta jam 12 siang. Di sini kita melanjutnya perjalanan untuk ke Malaysia. Prosesnya rupanya tidak seperti kita terbang di kota sendiri. Sebelum ke Malaysia, Di bandara Sukarno Hatta kita di periksa lagi paspor, dan di interview di bagian imigrasi. Di sinilah tingkat emosi dan kesabaran kita di uji. Ada ratusan hingga hampir ribuan orang antri di kantor imigrasi. Bisa di bayangkan jika 1 orang saja di interview kurang lebih 5 hingga 10 menit, bisa di bayangkan penumpang 1 pesawat itu isinya hampir 200 orang. Tinggal di kalikan saja.Kurang lebih 3 jam pegawai imigrasi bisa menyelesaikan semuanya. Dan kita yang sudah antri pastinya sangat capek.

#Itu hal penting yang belum pernah saya ketahui sebelumnya.

Sampai di Malaysia,anda juga akan di interogasi lagi. Sama seperti di Jakarta, bedanya hanya di penggunaan bahasa. Jika kena petugas orang Melayu, ada akan bisa memahaminya. Jika petugasnya orang India, anda akan di interogasi menggunakan bahasa Inggris. Selesai di bagian imigrasi, anda yang bawa koper dan di taruh bagasi pastinya akan mencari bagasinya seperti di bandara- bandara yang pernah kita alami. Akan tetapi di Malaysia tidak seperti itu. Barang Bagasi (Koper ) kita di taruh dan di tempatkan di tempat yang jauuuhhhh banget. Kalo jalan kaki pasti sudah capek banget. Jadi harus naik MRT. Jadi pentingnya “BERTANYA” itu hal yang perlu anda lakukan jika tidak ingin tersesat.

#Pengalaman penting kedua yang saya alami. Jadi kalo ke Malaysia mending gak usah taruh barang di bagasi. Caranya gimana? Bawa tas kecil saja.

Sampai di bandara Malaysia, saya melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur. Banyak sekali transpot untuk menuju ke Kuala Lumpur. Naiklah taksi dengan driver orang Melayu.Kalo bisa jangan orang India, selain rewel banget,biasanya suka tipu-tipu and perlakuannya kasar. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam. Jalannya luruuuus aja, kanan kiri hanya kebun sawit yang akan anda lihat.

#Pengalaman ke tiga carilah driver/penjual yang mukanya melayu. Jangan india. Orang melayu terkenal ramah.

Sampai di kuala lumpur saya langsung di hotel dan melanjutkan jalan jalan di menara Petronas. Untuk keliling keliling di kota Malaysia, anda bisa menggunakan aplikasi “GRAB CAR”, selain murah, anda bisa mendapatkan identitas drivernya secara asli dari muka dan alamat. Jikaterjadi sesuatu anda bisa mudah melaporkan ke pihak yang berwenang,dengan melacar identitas Grabcar nya.

HAL PENTING YANG WAJIB KAMU KETAHUI

MASALAH TEKNIS

1.Urusan imigrasi di bandara Jakarta/surabaya biasanya kalo sudah siang sangat ramai. Pilihlah berangkat ke Malaysia pagi hari, yang sepi.

2.Berangkatlah/ usahakan sampai di Bandara 3 jam sebelum keberangkatan.

MASALAH TIKET

1.Jika anda beli tiket via Traveloka, belilah tiket pesawat secara langsung jangan “TRANSIT”. Lalu bagaimana jika tidak ada yang langsung?? Kalo gak ada yang langsung,silahkan beli tiket yang transit gabungan 1 tiket 1 tarif di Traveloka.

2.JANGAN beli tiket secara terpisah. Misalnya: Anda dari Balikpapan mau ke Malaysia atau sebaliknya. Otomatis transit 1 kali di Jakarta atau Surabaya.  Lalu anda memutuskan untuk beli tiket ke Balikpapan ke Jakarta sendiri dan dari Jakarta menuju Malaysia sendiri.Atau sebaliknya, beli tiket dari Kuala Lumpur -Jakarta satu tiket dan beli Jakarta ke Balikpapan 1 tiket, hal ini TIDAK SANGAT DI SARANKAN. Karena di bagian imigrasi ini anda akan membuang waktu yang sangat banyak. DI TAKUT kan, anda belum selesai urusan di Imigrasi, tapi tiket pesawat anda sudah menunjukkan jam waktunya terbang. Bisa jadi tiket anda HANGUS.

Jika anda beli 1 tiket terusan di traveloka, tapi terjadi gangguan teknis yang menyebabkan anda terlambat naik pesawat, pihak maskapai akan mengganti dengan penerbangan berikutnya.

TRANSPORTASI DI MALAYSIA

Kalau bisa jangan menggunakan jasa apapun baik DRIVER/TUKANG JUALAN/DLL dengan orang INDIA.

Semoga informasi di atas bermanfaat buat anda semua agar bisa prepare sebelum pergi Terbang Liburan ke Malaysia.

Pengalaman Terbang Liburan ke Malaysia | admin | 4.5